Kamis, 04 November 2010

Wisata Kawah Putih

Courtesy : bdgyes.com
Wisata Kawah Putih
Gerbang Kawah Putih
Kawah Putih terletak di daerah Selatan Kota Bandung, jaraknya 46 km atau sekitar 2,5 jam dari Kota Bandung sampai pintu gerbang menuju lokasi kawah. Dari pintu masuk hingga ke kawah jaraknya sekitar 5 km atau bisa ditempuh sekitar 20 menit. 


Kawah putih terletak di sebuah gunung yang bernama Gunung Patuha. Sebelumnya Kawah Putih bukan lokasi wisata yang menjadi prioritas pelancong. Tapi kemudian PT. Perhutani mengembangkan lokasi ini tahun 1987 dan menjadikan kawasan ini menjadi sebuah objek wisata di Jawa Barat. 

Air kawah di gunung ini warna airnya terang dan juga selalu berubah-ubah. Inilah yang pada akhirnya menjadi daya tarik tersendiri dari kawasan ini. Permukaan kawah umumnya berbatu dan berpasir warna putih, sehingga kawah ini kemudian dikenal sebagai Kawah Putih.

Keindahan danau Kawah Putih memang sangat mempesona dan menakjubkan.  Ditambah lagi suhunya yang sejuk sepanjang hari (bersuhu sekitar 8 - 22 derajat celcius). Mungkin karena kawah ini terletak di gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.434 m diatas permukaan laut. Bahkan, jika sudah mengetahui keajaiban alamnya, pasti akan mengatakan "Tak ada kawah yang seindah Kawah Putih". Karena keindahan alamnya, Kawah Putih sering dijadikan tempat photo pre-wedding (sangat banyak), shooting film dan sinetron. Bahkan sekarang ini di Bandung dan kota-kota sekitarnya juga, jikalau ada yang mau photo pre-wedding, Kawah Putih akan selalu menjadi pilihan utama.
Jalur Kereta Api Tua

Dalam perjalanan menuju kawah, kita akan melewati objek yang menarik seperti rel kereta tua, sawah yang menguning, kebun teh yang hijau dan luas juga hutan pinus yang khas dengan pegunungan Bandung Selatan. Searah dengan jalur kawah putih anda bisa meneruskan perjalanan ke Situ Patengan atau berkemah ke Ranca Upas, yang juga merupakan tempat penangkaran rusa. Atau Anda bisa berenang di kolam renang air panas Ciwalini. 

Kebun Strawberry Rancabali
Courtesy : bdgyes.com
Dari hari ke hari pengunjung tempat wisata Kawah Putih ini terus berjubel dan bertambah banyak. Mungkin karena asik jalan-jalan tidak terasa sudah malam, jangan takut, disini banyak tersedia penginapan yang bisa anda sewa untuk menginap. Pergi atau pulang dari kawah putih jangan lupa singgah di perkebunan strawberry di kawasan Rancabali. Disana anda bisa memetik sendiri buahnya untuk dibawa pulang. Disana juga tersedia selai strawberry asli yang langsung diolah dari strawberry segar dan ada juga souvenir lucu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar