Kamis, 04 November 2010

Mencari Jodoh di Situ Patengan

Situ Patengan
Situ Patengan
Tak jauh dari Kota Bandung, tepatnya di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung sekitar 47 km selatan Kota Bandung terdapat sebuah kawasan sejuk yang dikelilingi kebun teh Rancabali yang bernama Situ Patengan (Danau Patengan). Entah bagaimana awalnya, areal seluas 150 Hektar ini untuk beberapa orang lebih sering disebut sebagai Situ Patenggang.


Keterangan Situ Patengan
Konon dikisahkan bahwa nama Situ Patengan berawal dari istilah sunda yaitu Pateangan-teangan yang berarti saling mencari. Masyarakat sekitar bermitos bahwa dahulu kala hiduplah seorang putra prabu bernama Ki Santang dan putri titisan dewi bernama Dewi Rengganis yang saling mencintai namun terpisah sekian lamanya. karena cinta yang mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganis kemudian minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu tersebut kini menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati dan disebut-sebut sebagai Pulau Asmara (Pulau Sasaka). Konon kabarnya, jika kita singgah ke batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, kita akan mendapati cinta yang abadi seperti mereka. Itu semua kembali lagi pada kepercayaan Anda masing-masing. ^.^
Batu Cinta
Untuk bisa berkeliling disana, Anda bisa menyewa perahu yang disediakan warga sekitar. Selain perahu-perahu yang warna warni itu, juga disediakan perahu bebek genjot seperti yang biasa kita temui di Ancol, Jakarta. 


Perahu di Situ Patengan
Menurut harian Pikiran-Rakyat tanggal 17 November 2005, sempat terjadi perburuan gembong teroris Noordin M. Top oleh anggota Polres Bandung di kawasan Situ Patengan yang kebetulan merupakan daerah perbatasan Kab. Bandung dengan Cianjur. Beberapa penginapan dan tamu-tamunya sempat menjadi sasaran pencarian. Penyisiran yang dilakukan oleh beberapa anggota Dalmas, Reskrim dan Intel pun akhirnya selesai tanpa hasil.




Di sekitar danau, kita juga bisa menjumpai beberapa tempat berkemah dan kolam-kolam kecil yang biasa dipakai orang-orang sekitar tuk menjala ikan. agaknya tempat ini cukup menarik tuk bisa dijadikan alternatif liburan (seperti berkemahg) bersama keluarga atau teman-teman.


more about Situ Patengan >>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar