Rabu, 03 November 2010

Tangkuban Perahu

Courtesy : Bandung Tourism Info


Indahnya Gunung Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu
Tangkuban perahu adalah tempat wisata di wilayah Bandung yang terkenal dengan keindahannya. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Bandung Barat, sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung. Tangkuban Perahu ini memiliki tinggi 2084 meter diatas permukaan laut. Tangkuban Perahu ini juga merupakan gunung Stratovolcano atau pegunungan (gunung berapi) yang tinggi dan mengerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras. Tapi sudah lama Gunung Berapi Tangkuban Perahu ini tidak aktif lagi, tapi masih mengeluarkan uap panas. Tangkuban Perahu ini memiliki kawah yang disebut Kawah Domas. Tangkuban Perahu ini bentuknya (bila dilihat dari kejauhan) seperti sebuah perahu yang terbalik. 


Tangkuban Perahu memiliki daerah hutan yang indah yang sering dipakai rute hiking oleh para pecinta alam. Di kaki gunung, terdapat ladang warga sekitar yang menghampar menambah keindahan Tangkuban Perahu.


Ilustrasi Sangkuriang
Tangkuban Perahu ini dikaitkan dengan legenda Sangkuriang. Seorang pemuda yang diusir oleh Ibunya, yang kemudian saat beranjak dewasa Sangkuriang bertemu dengan perempuan cantik yang bukan lain adalah ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi. Sangkuriang pun jatuh cinta pada perempuan itu. Lalu Sangkuriang diberi syarat oleh Dayang Sumbi untuk membuat sebuah danau dan sebuah perahu dalam satu malam. Apabila Sangkuriang berhasil menyelesaikannya, maka Sangkuriang bisa menikahi Dayang Sumbi. Tapi ternyata Sangkuriang gagal menyelesaikan tugasnya. Kemudian Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya sehingga terpental jauh. Dan karena kesaktiannya, Perahu itu berubah menjadi sebuah Gunung. Dan jadilah Gunung Tangkuban Perahu. Legenda ini dipercaya oleh warga tatar Pasundan.


Apabila Anda belum puas berlibur ke Tangkuban Perahu seharian, jangan khawatir di daerah Lembang banyak penginapan atau hotel. Jadi, Anda bisa meneruskan menikmati kesejukkan udara dan menikmati indahnya pemandangan di Tangkuban Perahu.


Di daerah sekitar Tangkuban Perahu juga banyak yang menjajakan kuliner lezat khas. Seperti Ketan Bakar dan Sate Kelinci.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar