Selasa, 23 November 2010

Comro (Oncom Di Jero) dan Misro (Amis Di Jero)

Comro/Combro
Comro atau orang Sunda menyebutnya Combro adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari singkong dan oncom. Kata Comro sendiri merupakan singkatan dari Oncom di jero atau dalam bahasa Indonesia Oncom di dalam atau dalam bahasa Inggris Oncom Inside ^.^.

Dari isiannya saja (oncom) sudah sangat Sunda sekali, jadi Comro tidak lain makanan khas Sunda dan banyak sekali terdapat di Bandung. Rasa comro ini gurih-gurih pedas, membuat sensasi tersendiri untuk orang yang memakannya. Comro ini sering ditemukan di tukang-tukang gorengan, tapi jarang sekali ditemukan di cafe-cafe atau di outlet-outlet makanan khas Bandung. Modifikasinya pun belum tampak dan ramai dibicarakan orang, mungkin hanya ada satu outlet makanan yang menyediakan camilan ini, yaitu di daerah Cihampelas, Kota Bandung. Di outlet ini comro disulap menjadi camilan ringan yang gampang dimakan tanpa harus takut belepotan minyak. Comro ini dimodifikasi menjadi Comet alias Comro Lemet atau Comro mini/kecil. Jadi satu suapan saja, kita sudah bisa merasakan rasa comro yang gurih. Jadi tak ada lagi alasan orang menganggap bahwa comro itu makanan kampungan. Toh, orang bule saja banyak yang beli Comro di outlet ini.

Misro
Selain Comro/Combro, ada juga jajanan yang hampir mirip dengan Comro, namanya Misro alias Amis di jero atau Manis di dalam, atau Sweet Inside.

Misro ini juga sama terbuat dari singkong, hanya saja isiannya itu adalah Gula Aren atau Gula Merah. Saat kita gigit (apalagi saat masih hangat) gula merahnya akan meleleh keluar seperti cokelat. Ya, bilang saja Misro ini adalah Comro versi manisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar