Senin, 22 November 2010

Gehu (Toge Tahu)

Gehu
Pada posting sebelumnya kita ketahui beberapa keluarga gorengan khas Bandung seperti Bala-bala, Gehu, Cireng, dan Comro. Di posting ini si GEHU lah yang akan jadi tokoh utamanya.

Gehu merupakan camilan yang berbahan dasar Tahu yang kemudian dicampurkan ke adonan terigu dan diisi dengan toge. Sederhana bukan? Tapi itulah ciri-ciri jajanan yang murah meriah, sederhana tapi berrasa! Dan itu semua hanya Indonesia yang punya alias MADE IN INDONESIA. Jadi hati-hati bila Anda jalan-jalan ke negara tetangga dan menemukan GEHU ini disana, berarti mereka lagi-lagi mengklaim punya kita.

Gizi yang terkandung di dalam gehu diantaranya adalah seratkalsiumvitamin B dan zat besi. Tapi sayangnya semua itu kadang dirusak dengan cara pemasakkan yang salah, bahkan yang berbahaya gehu ini digoreng dengan minyak yang telah berkali-kali dipakai (Jalantah kalau orang Sunda bilang). Tapi jangan khawatir, sekarang di Bandung sudah banyak pedagang Gehu yang sadar akan kesehatan. Dari cara pembuatannya sampai penyajiannya di perhatikan, jadi kita tak perlu lagi khawatir akan kebersihan dan mutu dari Gehu ini.

Gehu paling enak ditemani Cabe Rawit
Makanan ini juga sudah ada modifikasinya, contohnya Gehu pedas, Gehu Mayo, Gehu bumbu, dan lainnya. Gehu pedas ini bedanya dengan Gehu biasa adalah dari isiannya yang ditambahkan sedikit cabe rawit cincang, sedangkan Gehu Mayo adalah Gehu yang disiram saus Mayounaise, dan Gehu bumbu adalah Gehu yang dipotong dan di goreng kering dan di beri bumbu bubuk seperti bumbu Balado, Keju, BBQ dan lainnya. Sekarang Gehu juga tidak hanya dibalut adonan terigu saja, tapi ada juga Gehu yang dibungkus dengan sejenis kulit lumpia atau siomay.

Mungkin Gehu ini di Ibu kota juga akan kita jumpai, tapi identitasnya asli from Bandung! Jadi, Gehu adalah Kuliner from Bandung.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar