Jumat, 04 Februari 2011

Lapangan Tegal Lega, sang Icon Bandung Lautan Api

Lapangan Tegal Lega adalah sebuah lapangan dimana terdapat icon Kota Bandung, yaitu monumen "Bandung Lautan Api". Sebuah Monumen yang merupakan simbol perjuangan dan kerelaan para penduduk yang mengungsi keluar Bandung pada 24 Maret 1946. Peristiwa “Bandung Lautan Api” merupakan suatu rangkaian peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 24 Maret 1946, dalam waktu tujuh jam sekitar 200.000 penduduk Bandung mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka lalu meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan kota Bandung, dan beberapa tahun kemudian lagu “Halo-halo Bandung” ditulis untuk melambangkan emosi mereka, seiring janji akan kembali ke kota tercinta yang telah menjadi Lautan Api. (bandungheritage.org). Sayangnya tidak semua semua tahu, bahwa jejak peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) juga diabadikan dalam 10 stilasi yang tersebar di 10 lokasi. Stilasi ini berupa monumen mini karena hanya berukuran tinggi sekitar 1,5m. Adapun cerita lengkap mengenai kesepuluh stilasi bisa anda baca di sini .

Di Lapang Tegal Lega ini  terdapat berbagai macam kegiatan, seperti kegiatan olahraga, rekreasi keluarga, dan kegiatan jual beli. Biasanya kegiatan ini akan ramai di hari libur, seperti Sabtu dan Minggu. Kegiatan utamanya bukan olah ‘raga’ tapi olah ‘mata’ dan ajang bergaya muda-mudi Bandung.

Terkadang Lapang Tegal Lega ini juga sering dipakai untuk acara-acara besar, seperti konser musik dan pergelaran seni lainnya. Acara yang paling sering dipergelarkan di Lapang Tegal Lega ini adalah konser musik band GIGI di setiap bulan Ramadhan.

Semenjak adanya peringatan Konfrensi Asia Afrika beberapa tahun lalu, kawasan ini menjadi agak rapi, dibanding sebelum-sebelumnya. 

Tapi fasilitas ini hendaknya harus dijaga bersama oleh semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakatnya. Toh, ini juga untuk kesejahteraan kita bersama. 


DSCN2597
Site Plan Kawasan Tegal Lega
Tugu-Obor-Lap-Tegalega
Monumen Bandung Lautan Api

1 komentar:

  1. Di Lapangan Tegal Lega Bandung kalau minggu pagi banyak yang jogging

    Saya sangat senang jalan-jalan di Tegal Lega :)

    BalasHapus