Senin, 21 Februari 2011

Saung Reureuh Timbel Gawir : Tempat Makan Paling Indah dan Alami di Bandung

Timbel Gawir
Saat pertama kali makan di tempat ini saya merasakan kenikmatan yang sangat amat luar biasa. Mungkin ini dikarenakan tempat makan ini berada di sebuah kaki gunung yang masih terjaga keasliannya. Sejauh mata memandang kita akan melihat hamparan sawah hijau. Selain itu, disana juga terdapat sebuah bendungan pengatur debit air sungai. Dan sensasi itu masih teringat-ingat, walaupun sudah beberapa tahun lalu saya merasakannya.

Gapura Sindang Reureuh
Akhir-akhir ini saya ingin merasakan sensasi itu lagi, dan kemudian saya pun beranjak mendatangi tempat makan itu lagi. Lokasinya berada di Kabupaten Bandung, tepatnya di kaki Bukit Cula, Desa Gunung Leutik, Kecamatan Ciparay. Nama tempat makan itu adalah "Timbel Gawir Sindang Reureuh".

Salah Satu Saung Tempat Makan
Dinamakan seperti itu, karena tempatnya yang berada di kaki bukit, yang dulunya merupakan sebuah gawir atau jurang. Selain itu, tempat ini menjadi tempat istirahat atau dalam bahasa sunda disebut tempat reureuh orang-orang sehabis olah raga pagi.

Jadi tempat makan ini akan ramai pada hari-hari tertentu saja ketika orang-orang berolahraga pagi disekitar Bukit Cula.

Tapi banyak juga orang yang sengaja jauh-jauh makan disini bersama teman atau keluarganya. Mungkin karena dapat berita dari mulut ke mulut bahwa tempat ini memiliki view yang sangat indah dan makanan yang nikmat, yang jarang ada di restaurant di kota besar.

View Indah
View yang Jarang Di Dapat
View yang Indah dan Keren
Menuju ke Sindang Reureuh
Bendungan dan Rumput Hijau yang Indah
Makanan andalan disini adalah timbel nasi merahnya yang pulen. Apalagi ditemani ayam bakar, tahu dan tempe. Memang terdengar sederhana jenis makanannya. Tapi saat merasakan makanannya, dijamin Anda pasti akan ketagihan dan akan terus tambah sampai puas.

Ayam Bakar Andalan Sindang Reureuh
Nasi Merah Andalan Sindang Reureuh
Nasi Merah Sindang Reureuh yang Pulen
Uniknya lagi disini, kita bisa meracik sambal sendiri. Anda akan diberi cobek dan ulekan plus bahan-bahan sambal yang akan Anda racik. Apakah sambal dadak, sambal terasi, sambal leunca atau sambal hejo/sambal ijo yang akan Anda buat. Tergantung selera!

Sambal Ulek Sendiri
Sambal Leunca
Setelah makan Anda selesai, Anda bisa mengabadikan momen Anda di bagian bawah Saung Gawir (Orang sering menyebutnya) ini dengan berfoto-foto ria. Berlatar belakang Pegunungan dan pemandangan  menghijau yang bisa membangkitkan keindahan hasil jepretan Anda.

Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi jangan khawatir, disana terdapat lahan parkir yang bisa menampung sekitar 5 sampai 7 mobil dan 10 - 11 motor.

Ibu Haji Pemilik Sindang Reureuh






Tidak ada komentar:

Posting Komentar