Minggu, 06 Februari 2011

Kang Dodong Kodir : Seniman Daur Ulang

Seorang seniman asli Bandung bernama Dodong Kodir telah membuka pemikiran kita tentang sampah daur ulang. Dulu sampah daur ulang hanya bisa diolah menjadi sebuah kerajinan tangan untuk hiasan saja. Tapi di tangan Dodong Kodir, sampah daur ulang ini bisa diolah menjadi berbagai alat musik etnis yang unik.

Kang Dodong dengan Chicken Drum nya
Courtesy : mahanagari.multiply.com
Kang Dodong memetik Alpedo
Courtesy : mahanagari.multiply.com
Semua berawal ketika ia mengajar kelompok karawitan dan tari di STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Bandung dan juga seniman karawitan yang memainkan suling. Pada saat itu ia merasa bosan dengan alat musik Sunda yang itu-itu saja dan nada yang dimainkannya pun monoton. Sehingga ia berinisiatif untuk membuat sebuah alat musik yang berbeda dari yang lain.

Karya pertamanya adalah berupa suling bambu besar yang terbuat dari bambu rusak yang menghasilkan bunyi yang berbeda dari suling pada umumnya.

Telah banyak alat musik unik yang dibuat oleh Kang Dodong, seperti Alpedo (Alat Petik Buatan Dodong), Bellkuadalima, Chicken Drum, Jirame, Jumene, Whistledong (Whistle=Flute buatan Dodong), Sekdong (Alat musik gesek buatan Dodong), Sulangsong (Suling asal Songsong), Basdong (Bas buatan Dodong) dan banyak lainnya.

Bellkuadalima
Courtesy : mahanagari.multiply.com
Jirame
Courtesy : mahanagari.multiply.com
Kang Dodong meniup Jumene
Courtesy : mahanagari.multiply.com

Kang Dodong juga membuat instrument yang bunyinya mirip dengan bunyi alam, seperti Tornadong yang bunyinya seperti petir, angin dan ombak.


Kang Dodong dengan instrumen alamnya
Tornadong
Alat musik ciptaan Kang Dodong sempat akan diborong oleh UNESCO, tetapi kang Dodong tidak menjualnya karena ia beranggapan bahwa "Uang itu mudah didapat, tapi ide itu sulit didapat."


Kang Dodong di Spanyol
Courtesy : galuh-purba.com
Kang Dodong pun sering sekali memenuhi undangan dari negara lain utnuk menunjukan karya-karya yang ia buat. Yunani, Jepang, Spanyol dan Perancis adalah beberapa negara yang pernah ia kunjungi. Bahkan salah satu karyanya dipajang di sebuah museum seni di Yunani.
Kecapi Tabung Mesin Cuci
Bila Anda ingin lebih mengenal Kang Dodong Kodir ini, Anda bisa mengunjungi facebooknya pada link di bawah ini :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar