Sabtu, 25 Desember 2010

Bandrek

Bandrek
Anda tahu Bandrek?

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang berguna untuk menghangatkan badan. Apalagi saat cuaca sedang dingin atau hujan, minuman ini paling cocok menemani saat santai Anda di rumah. Minuman ini juga berkhasiat menghilangkan masuk angin. Jadi tidak usah minum obat warung yang banyak mengandung kimia.

Bandrek ini rasanya manis, hangat dan sedikit "spicy" atau pedas. Tak terbayangkan ada minuman yang rasanya pedas kan?
Minuman ini terbuat dari Gula merah, Gula putih, Jahe, Cabe Areuy, dan rempah lainnya. 

Yang membuat pedas pada minuman ini adalah Cabe Areuy. Sebenarnya Cabe Areuy  ini bukan cabe dalam arti sebenarnya, tapi karena rasanya pedas jadi disebut cabe oleh orang Sunda.

Bandrek Abah
Zaman dulu bandrek ini sering dijual di kedai-kedai bandrek, dan menjadi minuman wajib untuk orang tua di tatar Sunda saat akan pergi ke ladang atau sawah. Tapi seiring berkembangnya zaman, sekarang Bandrek digandrungi oleh generasi tua maupun muda. Dan bahkan sekarang ini, bandrek dikemas dalam bentuk instant. Ada yang berbentuk seperti syrup atau cair dan ada juga yang berbentuk bubuk instant.

Yang saya tahu sih, yang pertama membuat bandrek instant adalah "BANDREK ABAH" yang terkenal seantero Jawa Barat. Bandrek instant-nya ini berbentuk sejenis syrup yang dikemas dalam botol. Tapi sekarang ada juga dalam bentuk bubuk.
Bandrek Abah ini pusatnya berada di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, tapi cabangnya sudah ada dimana-mana.






Bandrek My & Me
Selain Bandrek Abah, ada pula Bandrek yang bermerk "My & Me". Letaknya berada tidak jauh dari Bandrek Abah, yaitu berada di Jalan Raya Soreang. Bandreknya berbentuk bubuk, dikemas per sachet. Sedangkan gedung bangunan My & Me sendiri berkonsepkan Outlet dan disamping bangunan gedung tersebut terdapat Lapangan Futsal yang merupakan milik My & Me juga.

Selain semua Merk Bandrek yang ada di atas, masih banyak lagi Merk Bandrek lainnya. Seperti Bandrek Hanjuang, Star Bandrek, Bandrek MM, Bandrek Braga, dan lain-lain. (Maaf ya tidak bisa saya sebutkan satu per satu, terlalu banyak)

Mungkin sekian dulu deh tentang Bandrek nya, biarlah Anda yang mencoba semua varian Bandrek nya sendiri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar