Minggu, 26 Desember 2010

Rangginang

Proses Penjemuran Rangginang
Renyah, gurih dan enak tentunya. Bagaimana tidak? Terbuat dari beras ketan yang sebelumnya telah diuleni kemudian dibumbui dan dibentuk sedemikian rupa, lalu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah dijemur, kemudian di goreng hingga mengembang. Warnanya ada yang putih, kuning dan merah muda.

Makanan ini akan sering kita jumpai di daerah Kabupaten Bandung, tepatnya di Majalaya, Cikoneng (Ciparay), dan Banjaran. Di Kabupaten Bandung ini banyak sekali pabrik rumahan yang membuat Rangginang, bahkan malah menjadi makanan khas Kabupaten Bandung.

Rangginang
Untuk Anda yang berasal dari luar Bandung dan bahkan dari Luar Pulau Jawa tak usah khawatir kalau membeli Rangginang untuk oleh-oleh keluarga Anda di rumah, karena Rangginang ini biasanya dijual dalam bentuk mentah, jadi kita tinggal menggorengnya di rumah saja. Biasanya rangginang ini dijual per plastik atau per kaleng kerupuk. Harganya relatif terjangkau. Jadi rangginang ini merupakan panganan tradisional yang murah meriah.

Paling enak rangginang ini dimakan bersama sayur asem, sayur lodeh, lontong sayur dan makanan berkuah lainnya. Tapi dimakan biasa pun enak, apa lagi ditemani teh hangat.
Rangginang





Tidak ada komentar:

Posting Komentar