Minggu, 02 Januari 2011

Asep Sunandar Sunarya "Dalang Giri Harja"

Asep Sunandar Sunarya
Siapa yang tak kenal dalang wayang golek no 1 di Indonesia ini? Karya-karyanya seperti  menciptakan tokoh Cepot yang bermuka merah,  dan aksesoris-aksesoris untuk wayang golek membuatnya pantas menjadi seorang dalang wayang golek terbaik di Indonesia.

Pria bernama Asep Sunandar Sunarya atau nama populernya Asep Sunarya mempunyai nama kecil Sukana. Lahir di Kampung Jelengkong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung pada  3 September 1955. Memiliki ayah, Abah Sunarya yang merupakan gurunya sendiri dalam belajar pewayangan. Asep Sunarya adalah anak ke tujuh dari 13 bersaudara.

Karena sedari kecil tertarik pada wayang dan berambisi ingin menjadi dalang, setamat SMP pun beliau mengenyam Pendidikan pedalangan di RRI Bandung.


Cepot (Astra Jingga)
Beliau sangat aktiv mensosialisasikan wayang golek tidak hanya di tempat tertentu saja, tapi ke kampus-kampus, hotel-hotel mewah dan televisi. Sekitar tahun 2000, beliau mengisi acara di salah satu televisi swasta Indonesia yang berjudul "ASEP SHOW".

Untuk prestasi pastilah tak usah ditanya lagi, beliau pernah Juara dalang pinilih I Jawa Barat pada 1978 dan 1982 dan Juara umum dalang tingkat Jawa Barat dan memboyong Bokor Kencana pada 1985.

Beliau juga pernah menjadi Guru Besar luar biasa di Institut International De La Marionnete di Charleville, Prancis. Dan dari sanalah beliau mendapat gelar Profesor nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar