Sabtu, 08 Januari 2011

Merasakan Sejuknya Curug Cimahi

Curug Cimahi
Curug (dalam bahasa Sunda) atau juga Air Terjun Cimahi ini, memiliki ketinggian kurang lebih 75 m, terletak di kecamatan Cisarua, kurang lebih 10 km sebelah utara Kota Bandung, jadi tidak terlalu jauh dari beberapa tempat wisata alam seperti Desa Cihideung. Curug Cimahi ini merupakan salah satu curug yang tertinggi di Bandung. Saking tingginya cipratan air-nya bisa menjangkau jarak belasan meter. Sebenarnya area Curug Cimahi yang dikelola oleh Perum Perhutani ini memiliki luas sekitar 26 ha. Hanya saja, yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata hanya baru dua ha. 

Di lingkungan Curug Cimahi ini kita akan merasakan suasana yang sangat indah dan asri, selain indahnya air terjun yang bisa kita nikmati, kita juga dapat menikmati udara yang sejuk dan segar, karena area ini masih diselimuti oleh berbagai macam pepohonan hijau. Dan ini semua akan memberikan kita ketenangan jiwa.

Tangga Menuju Curug Cimahi



Untuk menuju Curug Cimahi ini kita harus menuruni anak tangga yang curam dan juga sangat banyak, jumlahnya kurang lebih 500 anak tangga. Jadi kita harus pastikan bahwa kondisi kita sedang fit bila ingin berkunjung kesini. Walaupun capek dan lelah saat di perjalanan, tapi dijamin Anda tidak akan kecewa bila Anda sampai ke Curug-nya. Rasa letih dan lelah kita akan diguyur oleh embun dan percikan air dari air terjun Cimahi ini.


Monyet (Pribumi)
Disini Anda juga akan bertemu dengan Monyet-monyet penghuni hutan di daerah Curug Cimahi. Sepintas mereka memang lucu-lucu, apa lagi ketika mereka sedang bermain bersama. Tapi hati-hati terkadang mereka akan berbuat nekat dan mereka akan mengambil barang-barang bawaan Anda tanpa sepengetahuan Anda.





Ada beberapa tips yang perlu disiapkan untuk pergi ke Curug Cimahi :
  • Pastikan kondisi tubuh sedang fit saat mengunjungi situ sini. Memasuki Curug Cimahi relatif lebih mudah karena jalannya menurun. Akan tetapi, mungkin akan lelah saat ingin keluar dari Curug Cimahi karena jalannya naik.
  • Jaga barang bawaan baik-baik, terutama saat melihat para monyet. Biasanya mereka takut pada manusia, namun apabila ada kesempatan, mereka suka “mencopet” barang-barang pengunjung yang sedang lengah.
  • Bawa air minum untuk menghindari dehidrasi dan makanan.
  • Bawa baju ekstra dan handuk, juga baju renang apabila ingin berendam di sini.
  • Buanglah sampah pada tempatnya. Apabila tempat sampah tidak tersedia, bawa kantung plastik untuk menyimpan sampah untuk sementara, dan membuangnya di tong sampah nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar