Sabtu, 08 Januari 2011

Kang Ibing : the Legend


Kang Ibing
Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata atau lebih dikenal dengan Kang Ibing lahir di Sumedang, 20 Juni 1946 adalah pelawak Indonesia yang tergabung dengan grup lawak De'Kabayan yang terdiri antara lain Aom Kusman dan Suryana Fatah. Pelawak ini juga aktif dalam kesenian-kesenian Sunda, atas dasar itulah beliau pantas mendapat gelar Maestro Kesenian Sunda.

Beliau pernah menjadi Juri Audisi Pelawak Indonesia di TPI, yang kala itu salah satu pesertanya adalah Sule SOS. Beliau sering memberi masukan kepada SOS khususnya Sule berupa kritikan-kritikan yang membangun. Dan hal itu diakui Sule malah menjadi bahan perhitungan Sule untuk ke depannya. Akhirnya semua itu terbukti, Sule menjadi seorang pelawak yang sukses yang salah satunya berkat gemblengan dari Kang Ibing.

Kang Ibing
Kang Ibing juga aktif dalam mengisi program-program acara di radio-radio di Bandung. Dalam acaranya itu beliau selalu saja mengeluarkan cerita-cerita dalam bahasa Sunda yang membuat pendengarnya tertawa cekakakan. Bahkan cerita-ceritanya tersebut ada yang diambil dari pengalamannya sendiri.

Selain itu, terkadang Kang Ibing juga menerima undangan sebagai Penceramah di tempat-tempat pengajian. Sebagai seorang seniman, beliau termasuk orang yang sangat dekat dengan agama.

Kang Ibing juga pernah bermain film layar lebar, yang diantaranya adalah :

Kang Ibing
  • Si Kabayan (1975)
  • Ateng The Godfather (1976)
  • Bang Kojak (1977)
  • Si Kabayan dan Gadis Kota (1989)
  • Boss Carmad (1990)
  • Komar Si Glen Kemon Mudik (1990)
  • Warisan Terlarang (1990)
  • Di Sana Senang Di Sini Senang (1990)

Kang Ibing meninggal dunia pada hari Kamis 19 Agustus 2010 di Rumah Sakit Islam Bandung sekitar pukul 21.00 WIB. Seniman legendaris Jawa Barat yang terkenal dengan perannya sebagai Kabayan ini meninggal karena sakit jantung dan diabetes.

Walau raganya telah tiada, tapi karya-karyanya tetap ada di hati kita semua. Terima kasih Kang Ibing yang telah membuat dunia ini indah dengan lawakan dan semua karyamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar