Kamis, 06 Januari 2011

Menengok Sentra Kerupuk di Gunung Leutik

Kerupuk biasanya merupakan makanan pelengkap saat kita makan siang atau makan malam. Sensasi renyah dan gurihnya lah yang menambah kenikmatan saat makan kita. Tapi kerupuk sebenarnya enak juga, apabila hanya untuk digado. Kriuk-kriuk saat kita makan dan gurihnya membuat kita ketagihan.

Penjemuran Kerupuk
Anda harus tahu salah satu sentra pembuatan kerupuk-kerupuk yang biasa Anda makan itu ada dimana.

Salah satunya berada di Gunung Leutik, Kabupaten Bandung. Di daerah ini banyak sekali usaha rumahan yang memproduksi berbagai jenis kerupuk. Kerupuk yang banyak diproduksi di daerah ini adalah Kerupuk Jendil yang kecil-kecil dan berwarna merah muda, Kerupuk RG yang sangat gurih, Kerupuk pedas yang biasanya berwarna-warni dan dibumbui cabai kering bubuk, Kerupuk Blek yang sering kita temui di warteg atau rumah makan dan Kerupuk-kerupuk lainnya. Jadi jangan heran bila kebetulan Anda berkunjung atau hanya sekedar lewat ke daerah ini banyak yang menjemur kerupuk di depan rumahnya.

Kerupuk Blek
Pendistribusian kerupuk-kerupuk buatan Gunung Leutik ini sampai ke Kota Bandung, Rancaekek, Majalaya, Soreang, Ujung Berung dan Kota Cimahi. Andai pengenalan kerupuk ini lebih baik, mungkin kerupuk-kerupuk ini bisa di ekspor sampai luar Pulau Jawa bahkan sampai Mancanegara. Hitung-hitung sambil memperkenalkan makanan khas Indonesia khususnya Bandung pada dunia.




Kerupuk Jendil
Memang sedikit orang yang tahu tentang keberadaan sentra pembuatan kerupuk ini, tapi tak ada salahnya kita untuk lebih mengenal daerah sendiri, agar menambah rasa kebanggaan dan cinta tanah air. ^-^

Mudah-mudahan saja dengan posting ini sedikit banyaknya bisa membuat daerah ini menjadi salah satu tempat wisata untuk bidang kuliner dan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar