Selasa, 04 Januari 2011

Kampung Seni, Jelekong

Pemandangan di Jelekong
Sebagian lukisan-lukisan yang sering kita lihat dijajakan di Jalan Braga, Kota Bandung berasal dari kampung ini. Terletak sekitar 30 km dari Kota Bandung, tepatnya di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Kampung Jelekong merupakan sarangnya pelukis-pelukis ulung dengan karya yang diperhitungkan.

Dari mulai lukisan ikan koi, pemandangan, sampai lukisan manusia yang mirip sekali dengan aslinya. Karya-karya lukisan tersebut bahkan sampai terkenal hingga mancanegara.

Kampung Jelekong ini justru malah lebih dikenal oleh turis atau wisatawan asing dibanding dengan wisatawan domestik. Mungkin ini bisa jadi cerminan bahwa kita masih kurang bisa menghargai karya bangsa sendiri.

Lukisan Ikan Koi khas Jelekong
Di Jelekong kita juga bisa belajar melukis, memesan lukisan atau hanya sekedar memesan frame atau bingkai lukisan. Soal kwalitas sih sudah tidak usah dipertanyakan lagi, sudah pasti bagus-bagus.
Jenong (Asep Jebrag)

Akses jalan menuju Kampung Jelekong ini sekarang sudah agak baikan dibanding tahun-tahun sebelumnya, jadi Anda bisa nyaman berkunjung ke Jelekong ini. Selain itu, sebelum Anda tiba ke Jelekong, Anda bisa berkunjung sebentar ke kediaman Dalang Asep Sunandar Sunarya di Giri Harja, untuk sekedar melihat karya wayangnya yang kreatif.

Tak jauh dari kediaman Dalang Asep Sunandar Sunarya, ada kediaman seniman Sunda lain yaitu kediaman Asep Jebrag atau lebih dikenal tokoh Jenong. 

Lengkap sudah Kampung Jelekong ini sebagai Kampung Seni, tempat Pelukis, Dalang dan Seniman Sunda lain. Dan mudah-mudahan saja Jelekong ini menjadi tujuan pariwisata baik bagi wisatawan asing maupun domestik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar