Rabu, 03 November 2010

Wisata Gunung Malabar

Hamparan Kebun Teh Malabar
Hamparan Karpet Hijau Khas Malabar
Perkebunan ini memang bukan tempat wisata yang resmi, tapi saya rekomendasikan untuk Anda yang menyukai pemandangan hijau. Perkebunan teh Malabar ini terletak di Gunung Malabar daerah Bandung Selatan tepatnya di Kabupaten Bandung. Memang agak jauh dari Kota Bandung, tapi semua itu akan terbayar dengan udara yang sejuk dan indahnya pemandangan hamparan kebun teh disana.

Pemandangan hijaunya yang luas membuat kita terlena dan efek relax lebih terasa setelah Anda melihatnya dengan puas. Apalagi bila Anda datang di pagi hari buta, dimana saat itu banyak pemetik teh sedang memetik teh terbaik di Jawa Barat ini.

Di Pegunungan Malabar ini Anda bisa menemui spot-spot menarik, baik saat dalam perjalanan ataupun saat di lokasi. Berikut adalah spot-spot menarik yang Anda bisa temui :

  • Gunung Puntang
Gunung Puntang

Gunung Puntang merupakan tempat wisata yang biasanya digunakan untuk perkemahan. Tapi tak jarang juga ada orang yang hanya sekedar melepas penat, tracking atau gathering alam bersama teman-teman atau keluarga. Gunung Puntang ini terletak di Desa Cimaung, Banjaran sekitar 40 km dari Kota Bandung.





Curug Siliwangi
Jika Anda masuk lebih dalam lagi, Anda akan menemukan air terjun atau curug yang indah, namanya Curug Siliwangi. Di Gunung Puntang juga terdapat antena yang konon pada jaman penjajahan Belanda dipakai untuk komunikasi Indonesia-Belanda. Yang jelas tempat ini bagus untuk Anda yang ingin sekali wisata alam.






  • Situ Cileuncang
Situ Cileuncang
Beberapa kilometer dari Gunung Puntang, Anda akan menemukan Danau yang indah. Danau ini bernama Situ Cileuncang. Disini Anda bisa gathering di pinggiran danau, atau Anda bisa menaiki perahu sewaan yang tersedia disini dan berkeliling danau.
Situ Cileuncang terletak di desa Pulosari, Pangalengan.


more about situ cileuncang >>>


  • Kecamatan Pangalengan
Pusat Jajanan Pangalengan
Mengapa saya masukan ke daftar spot yang bisa Anda kunjungi? Karena disinilah Anda bisa membeli jajanan atau oleh-oleh khas Pangalengan, seperti Susu Murni, Permen Susu, Kalua atau manisan sampai Kerupuk Susu pun ada.

Letaknya tidak jauh dari situ Cileuncang, daerah ini adalah spot yang paling ramai, karena dekat dengan pemukiman warga. 


  • Sungai Palayangan
Rafting Palayangan

Di daerah Pangalengan terdapat sungai yang bernama Palayangan. Sungai ini sangat terjal sehingga sering digunakan untuk wisata adrenalin, Arung Jeram atau Rafting. Anda bisa menguji adrenalin dengan berarung jeram di sepanjang sungai Palayangan ini sejauh 5 km. Sebenarnya hulu sungai Palayangan ini berada di situ Cileuncang.



  • Makam Boscha
K.A.R Boscha
Anda pastinya tahu kan Boscha? Ya, Observatorium yang berada di Lembang, Kab Bandung Barat itu loh. Nama Boscha sebenarnya diambil dari seorang tuan tanah Belanda bernama  Karel Albert Rudolf Bosscha


Makam Boscha
Yang ada di Malabar ini adalah rumah peristirahatannya dan tempat peristirahatan terakhirnya alias makamnya. Tempat tinggalnya sangat bergaya Eropa, dimana terdapat ruang bawah tanah tempat Boscha bersantai. 



  • Perkebunan teh Malabar
Indahnya Malabar
Disinilah kita mendekati puncak Malabar, udara yang dingin khas pegunungan akan kita rasakan di pagi hari dan sore hari. Biasanya kita bisa melihat kabut tebal di pagi hari buta, dan ini akan menambah suasana pegunungan Malabar. Di sepanjang jalan raya Pangalengan - Santosa yang mana di pinggirnya merupakan hamparan teh ini terdapat beberapa titik untuk pemotretan yang menarik, dan Anda bisa berhenti sejenak disana untuk istirahat atau foto-foto.

Sebenarnya disini ada tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. Coba baca spot selanjutnya...


  • Imah Hideung (Rumah Hitam)
Keluarga Keturunan Pemilik Imah Hideung IV
Gerbang Imah Hideung

Di Malabar juga ada spot menarik dan bersejarah loh. Namanya Imah Hideung yang konon adalah rumah yang dulunya diperuntukkan untuk pekerja kebun yang sampai sekarang masih ada umurnya kira-kira 120 tahun. Tapi keadaan rumahnya tetap terawat seperti dulu. 












  • Stadion Malabar
Anda pasti heran saat mendengar di atas gunung terdapat stadion sepak bola? Coba Anda pergi ke Malabar, disana ada stadion milik perusahaan teh di Malabar. Stadion ini memiliki jogging track, dan bangku penonton. Mirip seperti stadion untuk latihan pemain professional. 

Stadion
Di depan stadion Anda bisa beristirahat sambil menikmati makanan yang dijajakan disana, seperti Mie Ayam, Bakso, Nasi Kuning, Kupat Tahu dan Gorengan yang Hangat. Para pedagangnya pun ramah-ramah, membuat kita betah berlama-lama di sana.

Saat menikmati makanan, kita bisa melihat-lihat pemandangan sekitar seperti Perkebunan teh yang menurun di depan kita. Kemudian melihat stadion Malabar di belakang kita dan jalanan sepi yang hanya satu atau dua kendaraan saja yang melintas (Jalan yang jarang ditemui di Kota Besar). Apabila siang hari saat tidak turun hujan terkadang kita akan mendengar suara serangga hutan yang mendengung, yang membuat hati kita seakan kembali ke alam. 

  • Pemandian Air Panas Cibolang (Cibolang Hot Spring)
Courtesy : Kapan Lagi : City Guide

Pemandian Air Panas Cibolang (Cibolang Hot Spring)
Terletak di sebelah timur perkebunan, dan tempatnya memang agak sedikit tersembunyi. Anda tinggal mencari  plang kecil di pinggir jalan yang bertuliskan "Cibolang Hot Spring". 

Pemandian air panas ini sering dikunjungi oleh keluarga  dan siswa yang sedang liburan. Suasana pegunungan yang dingin akan hilang dengan berendam di air panas Cibolang ini.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, jangan bingung, tempat parkir disini lumayan luas jadi Anda tak perlu khawatir akan kendaraan Anda. Selain itu, ada banyak pedagang yang menjajakan makanan bila Anda lapar.

Disini juga ada ruang berendam khusus yang bisa Anda sewa per jam, jadi Anda bisa nyaman sendirian berendam tanpa terganggu pengunjung yang lain. ^-^

  • Tea Corner
Tea Corner
Pencitraan Satelit - Tea Corner



Tea Coener Malabar ini terletak di komplek perkantoran perkebunan teh. Tea Corner ini merupakan Outlet yang menjual teh, souvenir, merchant atau oleh-oleh lainnya. Anda bisa membeli semua oleh-oleh itu untuk keluarga di rumah. 


Disana Anda bisa beristirahat sejenak sambil membayangkan bekerja di kantor yang suasananya sejuk dan hijau seperti di perkantoran perkebunan teh ini.

Disini Anda juga bisa meminta izin dan konfirmasi untuk berwisata di pabrik teh Malabar.

  • Pemukiman Buruh Teh Malabar
Mengapa saya merekomendasikan tempat ini untuk Anda kunjungi? Karena tempat ini unik. Yang unik di pemukiman ini adalah model bangunannya yang bergaya Eropa. Saya kurang mendapat informasi dari tempat ini, yang jelas menurut apa yang saya lihat waktu itu tempat ini memiliki sensasi seakan-akan kita sedang ada di Eropa Timur seperti Skandinavia. Dimana terdapat hamparan pemandangan hijau, kemudian bangunan sederhana bergaya Eropa.

Mungkin saya rasa hanya ada disini, Anda bisa merasakan sensasi itu.

  • Pabrik teh tua Malabar
Pabrik teh tua
Sudut Pabrik teh tua


Pabrik ini terletak di Desa Cibeureum, Kertasari.



Di siang hari, eksotisme bangunan tua ini akan terlihat. Setiap sudut pabrik ini menunjukkan kejayaannya pada jaman dulu. Tapi kemegahan pabrik teh tua ini sudah semakin melapuk dengan terlihatnya karat-karat di dinding.



Tapi apabila Anda lihat pabrik teh tua ini pada malam hari, suasana anker akan menyeruak dan membuat bulu kuduk berdiri. Ditambah pohon beringin tua dan besar di depan pabrik itu. Seakan-akan kita berada di film-film horor. -_-


Sudut yang agak anker
  • Penampungan Susu KPBS (Koperasi Peternak Bandung Selatan)
Pabrik Milk Treatment KPBS
Disini Anda bisa melihat banyak peternak sapi susu menyetorkan hasil pemerahan mereka. Tapi Anda bisa melihat kegiatan itu hanya pada pagi hari dan sore hari saja.

Kegiatan Setor Susu
Banyak peternak memikul dua buah ember susu yang akan disetorkan ke pengumpul. Dan pemandangan ini jarang sekali ditemui di Kota-kota besar. Jadi, tunggu apa lagi?  

  • Situ Cisanti (Hulu Sungai Citarum)
Situ Cisanti
Situ Cisanti terdapat di Desa Tarumajaya, Kertasari, situ / danau ini merupakan mata air sungai Citarum. Danau ini memiliki tujuh mata air, yaitu Pangsiraman, Cikahuripan, Cikawedukan, Koleberes, Cihaniwung, Cisandane dan Cisanti.


Nama Cisanti sendiri diambil dari mata air yang paling besar, yaitu Cisanti yang artinya Mata air yang sangat bening (Sunda : Ci nyusu nu genyas). Cisanti ini dikelilingi oleh hutan milik PT Perhutani, hutan ini masih terjaga keasriannya. Jadi, suasana disini serasa "Back to Nature".^.^


Kegiatan yang bisa Anda lakukan disini diantaranya memancing ikan, bersampan ke tengah danau, berjalan mengelilingi danau sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar, atau gathering alam. Mungkin lokasi ini juga bisa dijadikan untuk lokasi pre-wedding. Suasana danau dan background hutan pinus, cocok untuk tema perkawinan alam.

2 komentar:

  1. HAtur nuhun sharena,, ijin posting agan

    BalasHapus
  2. jadi ingat saat ke sukamanah kampung pintu gan. nuhun sharenya

    BalasHapus